Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:02 WIB
Detail
BukuPerbedaan Individual dalam Kecenderungan Belanja Impulsif: Sarat Emosi dan Pendek Pikir (Jurnal Psikologi, Vol.12 No.2 September 2003)
Bibliografi
Author: Herabadi, Astrid Gisela
Topik: Belanja Impulsif; Model Kepribadian Five-Factor; Perbedaan Individual
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Jurnal Psikologi     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: Perbedaan Individual dalam Kecenderungan Belanja Impulsif - Sarat Emosi dan Pendek Pikir.pdf (406.75KB; 135 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR-2108
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam penelitian ini, sebuah skala yang terdiri dari 20 item untuk mengukur kecenderungan belanja impulsif secara umum, disusun serta diuji kesahihannya. Skala ini meliputi faktor kognitif (unsur tanpa perencanaan dan kesengajaan) dan faktor afektif (perasaan sukacita, bergairah, kompulsi, tak terkendali, penyesalan) dari perilaku belanja impulsif. Hasil korelasi yang signifikan antara skala kecenderungan belanja impulsif dengan self-report dari pembelanjaan impulsif paling akhir yang dilakukan oleh para subjek (71 orang mahasiswi dan 46 orang mahasiswa), merupakan bukti atas preditive validity dari skala lersebut. Selain itu, ditemukan pula korelasi antara kecenderungan belanja impulsif dengan perbedaan individual yang dijabarkan dalam dimensi-dimensi kepribadian menurut Five-Factor Model. Kecenderungan belanja impulsif berkaitan dengan dimensi agreeableness yang rendah. Secara lebih spesifik, aspek kognitif dari kecenderungan belanja impulsif ini berhubungan dengan conscientiousness yang rendah; sedangkan aspek afektif dari kecenderungan belanja impulsif berhubungan dengan neitroticism tinggi. Hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa kecenderungan belanja impulsif memiliki dasar yang kuat dalam kepribadian.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)