Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Kreativitas Antara Siswa di Sekolah dengan Program Pengembangan Kreativitas dan Siswa di Sekolah Tanpa Program Pengembangan Kreativitas
Bibliografi
Author:
Kusdarwanti, Emmilia
(Advisor);
Bonang, Engelina Tanzil
(Advisor);
Amanda, Andromeda
Topik:
Alat ukur
;
test
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2003
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Andromeda Amanda's Undergraduated Theses.pdf
(232.0KB;
70 download
)
Andromeda A (FP-456)'s Undergraduate Theses.pdf
(174.32KB;
6 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-456
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kreativitas pada setiap individu sangat perlu untuk dipupuk dan dikembangkan. Dengan dilatihnya berpikir kreatif sejak dini, akan membuat anak
lancar dan fleksibel dalam berpikir, serta mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang yang berbeda sehingga dapat lahir berbagai macam
gagasan. Menurut Rogers (dalam Munandar,1 985) kreativitas dapat berkembang dalam dalam suasana yang bebas tanpa tekanan, di mana anak merasa aman untuk mengungkapkan dan mewujudkan dirinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimental, dengan menggunakan sampel sebanyak 74 murid SD kelas 5 yang terdiri dari 37 murid kelas 5 SD Al-Azhar Bintaro dan 37 murid kelas 5 SD Al-Izhar Pondok Labu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu alat ukur kreativitas Tes Kemampuan Figural (TKF) yang merupakan adaptasi dari “Torrance Circles
Test” dan pertama kali digunakan oleh Munandar (1977), yang kedua adalah Tes Kemampuan Verbal (TKV) tes ini disusun oleh Munandar pada tahun 1977 dan terakhir yaitu alat ukur inteligensi Tes Coloured Progressive Matrices. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 11.5. Dari hasil pengolahan data, ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa di sekolah dengan program pengembangan kreativitas dan siswa di sekolah tanpa program pengembangan kreativitas.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)