Anda belum login :: 23 Nov 2024 23:03 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi atas Sistem Penjualan dan Penerimaan Kas pada PT KUSUMA KEMINDO SENTOSA
Bibliografi
Author:
Saputra, Sandro
;
Purwanto, Budi
(Advisor)
Topik:
Evaluasi
;
Sistem Penjualan
;
Penerimaan Kas
;
PT KUSUMA KEMINDO SENTOSA
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2002
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Sandro Saputra's Undergraduated Theses.pdf
(229.0KB;
11 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-2563
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Setiap perusahaan didirikan untuk mencapai tujuan tertentu.
Tujuan utama dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba
maksimal dari tingkat penjualan yang tinggi, sehingga dapat
digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Kegiatan penjualan dan penerimaan kas mempunyai peranan yang
sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Oleh
karena itu perusahaan memerlukan suatu pengendalian intern yang
baik agar kegiatan penjualan dan penerimaan kas dapat berjalan
sebagaimana semestinya.
Dalam penulisan skripsi ini penulis memilih PT. Kusuma Kemindo
Sentosa yang merupakan salah satu perusahaan yang tergabung
dalam grup PT. Catur Sentosa Adiprana yang bergerak dalam bidang Importir Nasional dan perusahaan Distributor, terutama berhubungan
dengan industri khususnya bahan-bahan kimia. Penulis mengadakan
penelitian terhadap PT. Kusuma Kemindo Sentosa sebagai Distributor
untuk mempelajari sampai sejauh mana perusahaan telah
menerapkan pengendalian intern yang memadai atas prosedur
penjualan dan penerimaan kas.
Hasil penelitian dan analisa yang penulis lakukan terhadap
pengendalian intern atas prosedur penjualan dan penerimaan kas
pada PT. Kusuma Kemindo Sentosa menunjukkan bahwa sistem
pengendalian intern yang telah diterapkan oleh perusahaan sudah
cukup baik, namun masih ditemukan beberapa kekurangan seperti
belum adanya Bagian Pemeriksaan Intern (Internal Auditor) dan
bagian pelayanan pelanggan (Customer Service), belum melakukan
pemisahan antara fungsi penjualan dengan fungsi kredit, tidak
diasuransikannya karyawan yang menangani kas, belum
dilaksanakannya rotasi pekerjaan, belum membuat arsip cadangan
(backup) dalam pengolahan data elektronik, belum terdapatnya fungsi
penyimpanan program dan kepustakaan dalam pengolahan data
elektronik di bagian akuntansi, semua formulir belum mempunyai
nomor urut tercetak dan semua formulir tidak mencantumkan nama
bagian yang dituju serta belum memiliki rencana darurat untuk
mengatasi peristiwa atau kejadian negatif yang tidak dikehendaki oleh
perusahaan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.3125 second(s)