Dalam menjalani suatu usaha diperlukan hubungan bisnis yang terjalin dengan baik antara para pelanggan dengan perusahaan agar mereka mau membina hubungan bisnis untuk jangka panjang. Dalam hal ini fungsi customer relation sangat menentukan hubungan ekstern perusahaan dengan para pelanggan. Pelayanan yang diberikan Bagian customer relation, memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan hubungan perusahaan dengan pelanggan. PT Multisarana Niaga Kreasindo adalah sebuah perusahaan yang terletak di Sunter, Jakarta Utara, bergerak dalam bidang jasa yang kegiatan usahanya adalah penyelenggara pameran, jasa periklanan, riset pemasaran, serta menyediakan barang-barang promosi. Maksud dan tujuan dari perusahaan adalah agar konsumen memperoleh informasi dari produsen tentang teknologi mutakhir yang sangat bermanfaat bagi kemajuan industri di Indonesia melalui penyelenggaraan pameran yang diadakan oleh perusahaan. Adapun kegiatan audit manajemen yang dilakukan meliputi pemeriksaan atas fungsi customer relation pada PT Multisarana Niaga Kreasindo dan memberikan penilaian mengenai efisiensi dan efektifitas fungsi customer relation yang dilakukan oleh PT Multisarana Niaga Kreasindo. Berdasarkan kesimpulan yang diambil penulis, efisiensi dan efektifitas yang ada pada fungsi customer relation sudah berjalan dengan cukup baik, walaupun masih ada beberapa kondisi yang menunjukkan adanya kelemahan yang perlu diperbaiki. Atas kondisi-kondisi tersebut, penulis memberikan saran yang dapat diterapkan pada perusahaan guna mengatasi kelemahan yang ada. |