Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kualitas pelayanan yang dirasakan konsumen etnis Cina dan konsumen etnis pribumi pada Restoran Hailai International Executive Club, apakah terdapat perbedaan atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survai, dengan jenis penelitian eksplanatoris, dan sifat analisanya adalah hipotesa komparatif yang bermaksud membandingkan penilaian konsumen etnis Cina dan konsumen etnis Pribumi mengenai kualitas pelayanan yang dirasakan. Untuk menghitung perbedaan penilaian antara konsumen etnis Cina dan konsumen etnis Pribumi terhadap dimensi-dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty), teknik analisa yang digunakan adalah Uji non parametrik yaitu Uji U Mann-Whitney (Mann-Whitney U Test) untuk dua sampel bebas. Dan jawaban-jawaban responden diukur dengan menggunakan pengukuran skala likert yang mempunyai gradasi dari positif sampai negatif. Populasi yang diambil untuk penelitian ini adalah konsumen Restoran Hailai International Executive Club Jakarta, tetapi kemudian penelitian ini dipersempit lagi, yaitu hanya konsumen yang beretnis Cina dan beretnis Pribumi saja, sedang sampel yang diambil berjumlah 93 orang, yang terdiri dari 50 orang konsumen etnis Cina dan 43 orang konsumen etnis Pribumi, yang dipilih secara “Accidental Sampling” dengan mekanisme memilih waktu pengamatan secara acak dan pemilihan responden secara acak khususnya yang menunjukkan ciri-ciri kultural atau etnik Cina dan Pribumi. Setelah melakukan perhitungan, secara keseluruhan ternyata terdapat perbedaan penilaian antara konsumen etnis Cina dan konsumen etnis Pribumi terhadap dimensi-dimensi kualitas pelayanan (SERVQUAL). Tetapi, jika dilihat penilaian servqual per dimensi, ternyata hanya pada dimensi Tangible saja dihasilkan kesimpulan bahwa ada perbedaan penilaian antar kedua etnis tersebut, sedangkan pada keempat dimensi lainnya yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan penilaian antar kedua etnis terhadap keempat dimensi tersebut, sehingga dari segi kehandalan, ketepatan, kepercayaan dan perhatian secara individu kepada konsumen, sudah dilakukan oleh Restoran Hailai dengan baik |