Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:08 WIB
Detail
BukuAnalisis Dimensi-Dimensi Pelayanan Jasa Yang Dipertimbangkan Oleh Orang Tua Murid Untuk Menyekolahkan Anaknya Di Kelas Bayi-Bayi Lembaga Pendidikan Cikal
Bibliografi
Author: Merriana, Karnia ; Parmono, Vincentius Rachmadi (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Karnia Merriana's Undergraduated Theses.pdf (226.0KB; 11 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1073
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dimensi-dimensi
pelayanan jasa pada Lembaga Pendidikan Cikal yang dipertimbangkan oleh
konsumen Kelas Bayi-Bayi dalam mengambil keputusan. Dimensi-dimensi
pelayanan jasa yang diteliti meliputi reliability (reliabilitas), responsiveness
(responsivitas), Assurance (kepastian), emphaty (empati) dan tangibles (halhal
nyata). Keputusan konsumen banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain,
antara lain persepsi konsumen, sikap konsumen, lingkungan dan stimuli
pemasaran.
Lembaga Pendidikan Cikal sebagai sebuah sekolah yang
menyelenggarakan Kelas Bayi-Bayi dan menyediakan jasa pelayanan
pendidikan tentunya perlu untuk terus meningkatkan mutu palayanannya.
Dengan mengetahui hal-hal apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen
dalam mengambil keputusan, maka perusahaan akan dapat memperbaiki
dan meningkatkan pelayanannya sesuai dengan harapan dan keinginan
konsumen.
Untuk mengetahui dimensi pelayanan jasa apa yang dipertimbangkan
oleh konsumen maka penulis melakukan survey dengan menggunakan
metode kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner yang berupa data
tentang demografi responden diolah dengan menggunakan metode distribusi
frekuensi. Sedangkan data tentang sikap responden terhadap dimensi
pelayanan Cikal diolah dengan menggunakan metode analisa koefisien
korelasi Spearman.
Hasil dari analisa tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar dari
responden yang merupakan orang tua murid Kelas Bayi-Bayi Cikal bertempat
tinggal di Jakarta Selatan, berpendidikan tinggi, bekerja sebagai karyawan
swasta, berstatus perkawinan menikah, memperoleh informasi tentang Cikal
dari mulut ke mulut (word of mouth) dan memilih waktu belajar untuk anak
mereka pada pagi dan sore hari. Sedangkan dimensi-dimensi pelayanan jasa
ii
yang menurut dasar teori dipertimbangkan oleh konsumen dalam membuat
keputusan ternyata tidak terlalu berpengaruh dalam proses pembuatan
keputusan konsumen Kelas Bayi-Bayi. Hal ini ditunjukkan dari tidak signifikan
atau lemahnya hubungan antara dimensi-dimensi pelayanan jasa dengan
preferensi (dibawah 0,5).
Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa ternyata konsumen Kelas Bayi-
Bayi tidak terlalu mempertimbangkan dimensi-dimensi pelayanan jasa dalam
membuat keputusan. Mungkin ada hal-hal lain selain dimensi-dimensi
pelayanan jasa yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membuat
keputusan. Untuk itu penulis menyarankan agar Lembaga Pendidikan Cikal
melakukan penelitian kualitatif yang mendalam agar dapat membongkar
'kotak hitam' konsumen dan mengusahakan apa yang sekiranya menjadi
harapan dan keinginan konsumen Kelas Bayi-Bayi dapat diwujudkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)