Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:00 WIB
Detail
BukuANALISIS PENATAAN FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN INTERNASIONAL BANDARA SOEKARNO-HATTA JAKARTA BESERTA USULAN PERBAIKANNYA
Bibliografi
Author: Agnes ; Marie, Iveline Anne (Advisor)
Topik: Bandara; Manajemen Fasilitas
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Agnes' Undergraduated Theses.pdf (446.0KB; 7 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-016
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta, yang terletak di sebelah timur
kota Jakarta, tepatnya di Tangerang Propinsi Banten merupakan pintu gerbang.
Republik Indonesia. Terminal 2 (keberangkatan) antara tempat para calon
penumpang domestik melaksanakan aktivitas dan segala keperluannya untuk
berangkat ke luar negeri, dan tempat para turis mancangera beraktivitas dan
mengurus segala keperluannya untuk pulang ke negaranya membawa kesan yang
baik mengenai Indonesia.
Oleh karena itu, dalam melayani masyarakat negeri ini serta para turis
mancanegara, PT. Angkasa Pura II sebagai pengelola, ingin memberikan yang
terbaik. Namun, pada prosesnya, masih terdapat beberapa kekurangan, yang
kelihatannya sepele, namun bisa mempengaruhi kinerja sistem. Dia ntaranya adalah
ruang terminal yang kurang tertata dengan rapi, dengan sistem antrian yang berbedabeda
antara maskapai penerbangan yang satu dengan yang lainya, serta ketersedianya
fasilitas-fasilitas, serta rambu-rambu informasi.
Untuk mengetahui fasilitas-fasilitas apa saja yang bisa mengakibatkan
ketidaknyamanan penumpang, disebarkan kuesioner. Pertanyaan-pertanyan yang
terdapat dalam kuesioner ini dibuat berdasarkan pada prinsip-prinsip manajemen
fasilitas. Kuesioner ini menggunakan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat ketelitian
10%. Dari kuesioner ini, dapat diketahui juga fasilitas-fasilitas apa saja yang sangat
membutuhkan perbaikan. Setelah mengidentifikasi pembahasan melalui kuesioner
ini, dilakukan pengambilan data antrian, data mengenai ukuran terminal dan jumlah
penumpang yang berguna untuk menganalisis perencanaan ruang. Selain itu, diambil
juga data-data yang berhubungan dengan Manajemen Fasilitas seperti data
operational service dan display, yang digunakan untuk menganalisis fasilitas.
Berdasarkan hasil kuesioner dan analisis yang dilakukan pada setiap bahasan
dengan membandingkannya dengan teori, ada beberapa usulan yang disajikan,
seperti penambahan luas check-in counter, boarding lounge, dan penyeragaman
antrian di check-in hall area. Selain itu, analisis juga dilakukan terhadap sistem
antrian snake queue, dimana mayoritas responden (53%) tidak merasa nyaman
dengan antrian ini. Melalui analisis antrian tersebut, dapat diperkirakan jumlah
check -in counter yang dibutuhkan.
Dengan membenahi fasilitas yang ada serta menyesuaikan dengan prinsip
manajemen fasilitas, diharapkan dapat meningkatkan mutu jasa dari Bandara
Soekarno-Hatta Jakarta. Diharapkan juga, aliran aktivitas penumpang berjalan
dengan baik dan lancar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)