Tingkat persaingan yang begitu kompleks pada era revolusi informasi yang sedang berlangsung dewasa ini menuntut perusahaan untuk memiliki keunggulan daya saing yang sangat bergantung pada kemampuannya untuk memobilisasi dan mengeksploitasi sumber daya atau aset tak berwujud (intangible resources/assets) di samping sumber daya atau aset berwujud (tangible resources/assets). Salah satu tool pengukuran kinerja perusahaan yang dapat mengakomodasi tuntutan perubahan yang terjadi adalah Balanced Scoreca rd yang menggunakan empat perspektif dalam mengukur kinerja suatu perusahaan, yaitu (1) perspektif finansial, (2) perspektif pelanggan, (3) perspektif bisnis internal, dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan komponennya, yang selama ini masih bergantung pada pengukuran kinerja secara parsial, yang belum representatif dan komprehensif, sehingga perusahaan tidak dapat mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk merancang suatu sistem pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, sehingga perusahaan dapat mengukur kinerja perusahaan dari masing-masing perspektif Balanced Scorecard, berdasarkan penerjemahan visi dan misi perusahaan kepada masing-masing perspektif yang ada. Perancangan sistem pengukuran kinerja PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing dengan pendekatan Balanced Scorecard diawali dengan penentuan tema Balanced Scorecard, tema -tema strategis dari masingmasing perspektif, tujuan-tujuan strategis yang ingin dicapai, tolok ukurnya, dan terakhir ditentukan pendorong kinerja atau inisiatif strategis yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Setelah selesai merancang Balanced Scorecard PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing, dilakukan pengukuran kinerja terhadap kondisi PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing pada tahun 2001. Hasil yang diperoleh dari pengukuran tersebut adalah perspektif finansial (5,00), perspektif pelanggan (4,71), perspektif bisnis internal (4,14), serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (3,86). Sedangkan untuk nilai total dari PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing adalah sebesar (4,44) yang menunjukkan bahwa kinerja PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing saat ini lebih dari baik. |