Dengan memasuki era millenium maka persaingan tentunya semakin ketat, sebab persaingan berkembang menjadi persaingan internasional. Sementara masyarakat telah menjadi konsumen yang berbasiskan ilmu pengetahuan, sehingga akan menjadi semakin kriti s dan semakin tinggi tuntutannya akan mutu produk yang mereka terima. Situasi ini berlaku untuk semua sektor industri termasuk industri jasa. Karena keberhasilan dalam industri ini sangat tergantung dari penilaian konsumen, maka untuk memenangkan persainga n dalam industri ini, perlu diperhatikan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kepuasan pelanggan Hotel Kaisar. Kajian kepuasan ini dilakukan dengan menggunakan model dimensi kualitas pelayanan sebagaimana dirumuskan oleh A. Parasuram an, V. A Zethaml dan L.L Berry (1994), yaitu tangibels, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan melakukan survey dan pengolahan datanya dilakukan dengan menggunakan customer saticfation performance, correspondence analysis serta analisis SWOT.. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup efektif dalam memuaskan pelanggannya. Dimensi kualitas tangibels, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh yang kuat terhadap kualitas pelayanan. Konsumen paling tidak puas dengan faktor kecepatan pelayanan makanan sedangkan konsumen paling puas dengan faktor dengan kenyamana dan keamanan kamar. Seadangkan dib andingkan dengan hotel lain hotel Kaisar mempunyai kelebihan pada lokasi, kemudahan melakukan transaksi, kelengkapan fasilitas serta interior dan dekorasi yang baik. Disarankan agar pihak hotel terus menerus mengevaluasi kualitas pelayanannya agar dapat terus memperbaiki kinerjanya sehingga perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya. |