| Suatu perusahaan didirikan untuk jangka waktu yang panjang, dan agar perusahaan tersebut dapat beroperasi secara terus-menerus,
 maka perusahaan harus menghasilkan laba. Dalam upaya perusahaan
 untuk mencapai laba yang maksimal, maka perusahaan harus
 memperhatikan tiga faktor yang saling berkaitan yaitu biaya, volume
 penjualan, dan tingkat laba yang diinginkan. Salah satu alat yang dapat
 digunakan untuk melihat hubungan ketiga faktor tersebut adalah
 analisa CVP (cost, volume, dan profit). Dengan analisa CVP, maka
 perusahaan dapat menentukan bauran penjualan agar laba
 perusahaan lebih optimal. Namun kondisi tersebut hanya berlaku
 apabila perusahaan hanya menghadapi satu kendala saja. Jika
 perusahaan memiliki lebih dari satu kendala, maka analisa tersebut
 tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, penulis menggunakan linear
 programming sebagai pelengkap, sehingga penentuan bauran
 penjualan dapat memperhitungkan seluruh kendala yang dihadapi oleh
 perusahaan.
 Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
 perusahaan belum menentukan bauran penjualan secara tepat
 sehingga labanya menjadi tidak optimal. Hal ini dapat terlihat dari
 perbedaan yang cukup jauh antara bauran penjualan hasil perhitungan
 perusahaan dengan hasil analisa penulis. Perbedaan tersebut
 dikarenakan oleh perusahaan tidak memperhitungkan keseluruhan
 kendala yang dihadapi sehingga menyebabkan laba yang dihasilkan
 menjadi tidak optimal.
 Menurut penulis, perusahaan akan memperoleh laba yang optimal,
 jika perusahaan dapat menentukan bauran penjualan yang paling
 sesuai dengan memperhitungkan semua kendala teknis yang dihadapi
 oleh perusahaan. Untuk hasil yang lebih tepat perusahaan dapat
 melakukan pengujian lebih lanjut terhadap masing-masing produk yang
 |