Kualitas pelayanan merupakan modal utama bagi perusahaan jasa untuk menjual produknya karena kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang dapat memenuhi kepuasan konsumen sehingga konsumen akan kembali menggunakan jasa pelayanan perusahaan tersebut dan menjadi pelanggan yang setia. Bengkel PT. Dipo Motor merupakan bengkel yang salah satu kegiatan usahanya untuk membangun pelayanan unggul dengan kualitas pelayanan yang tinggi, aman, professional, bersih yang merupakan salah satu kekuatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi dan mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa. Rancangan penelitiannya adalah rancangan deskriptif. Penulis melakukan penarikan sample dengan teknik purposive sampling dan penyebaran kuesioner kepada 40 responden yang melakukan perbaikan pada Bengkel PT.Dipo Motor. Data-data yang diperoleh dari kuesioner akan dianalisis dengan menggunakan skala likert dan disajikan secara kuantitatif dalam diagram cartesius, di mana diperoleh nilai rata-rata dari kinerja keseluruhan (X)= 3,57 dan nilai rata-rata tingkat harapan responden (Y)= 3,98 untuk technical quality dan untuk functional quality nilai rata-rata dari kinerja keseluruhan (X) = 3,29 dan nilai rata-rata tingkat harapan responden (Y)= 3,75 serta rata-rata tingkat kesesuaian (TKI) untuk technical quality adalah 98,7% dan rata-rata tingkat kesesuaian (TKI) untuk functional quality adalah 98, 57%. Dari hasil penelitian ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan pelayanan jasa Bengkel PT.Dipo Motor telah dilakukan baik oleh perusahaan Dengan melakukan peningkatan kualitas Bengkel PT.Dipo Motor diharapkan dapat memberikan kepuasan. |