Produk merupakan salah satu dari bauran pemasaran yang cukup penting. Agar produk yang dihasilkan perusahaan dapat bersaing dengan baik didalam pasar, maka perusahaan perlu melakukan usaha pengembangan produk, yaitu dengan merancang produk yang dihasilkan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar serta dapat mencapai pasar sasaran yang diinginkan. Dalam melakukan kegiatan pengembangan produk, sebaiknya perusahaan terlebih dahulu melakukan riset atau melakukan penelitian terhadap perubahan selera konsumen yang terjadi di pasar. Kebutuhan konsumen yang berubah-ubah ini, hanya dapat diimbangi dengan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan serta selera konsumen. Untuk itu perusahaan perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mengembangkan produk, sangat mempengaruhi usaha perusahaan khususnya untuk meningkatkan penjualan. Sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produk yang bersaing, promosi yang gencar dan sistem distribusi yang baik, tetapi belum melakukan pengembangan produk, perusahaan tersebut belum dapat mencapai hasil penjualan yang maksimum. Hasil penelitian telah menunjukan bahwa pengembangan produk yang dilakukan oleh PT.Sumber Sinar Mentari sangat efektif dalam meningkatkan volume penjualannya, dimana dari hasil perhitungan koefisien korelasi antara biaya pengembangan produk terhadap hasil penjualan diperoleh angka sebesar 0,95 ( 95% ) yang artinya ada hubungan positif dan kuat antara keduanya. Melalui pembuktian ini, semestinya PT.Sumber Sinar Mentari menyadari pentingnya melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan serta perusahaan diharapkan dapat menerapkan inovasi-inovasi lain didalam melakukan pengembangan produk yang mereka miliki, sehingga volume penjualan dapat terus dipertahankan bahkan meningkat sesuai dengan yang diharapkan. |