Pada umumnya, materi pembahasan skripsi ini merupakan penelitian mengenai sistem penjualan tiket pada PT BAYU BUANA Tbk Travel Services. Dengan mempelajari data mengenai PT BAYU BUANA Tbk Travel Services, dan dengan berpegang pada teori yang ada, penulis berupaya untuk mengevaluasi sistem penjualan tiket yang diterapkan oleh perusahaan, sehingga jika terdapat kelemahan dapat segera disampaikan kepada manajemen untuk ditanggulangi, berikut saran perbaikan yang diperlukan sebagai bahan masukan dari penulis. Untuk menunjang kesimpulan yang diambil berikut saran yang diberikan, penulis mengadakan studi pustaka, yaitu dengan melakukan penelitian terhadap data-data yang bersifat teoritis mengenai materi yang akan dibahas dengan membaca literatur-literatur yang relevan; dan studi lapangan, yaitu dengan mengadakan kunjungan ke lokasi PT BAYU BUANA Tbk Travel Services untuk melakukan wawancara, dan record review. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis, diperoleh suatu kesimpulan bahwa sistem penjualan tiket pada PT BAYU BUANA Tbk Travel Services sudah memadai, walaupun belum optimal. Hal ini terlihat dari beberapa kelemahan antara lain : dalam hal pembuatan Laporan Penjualan Harian yang tidak dibuat berdasarkan maskapai penerbangan yang diminta pelanggan, tidak ada tanda terima dari sistem yang membuktikan bahwa kasir telah menginput jumlah pembayaran dari pelanggan dan ruangan kasir boleh dimasuki oleh bagian lain. Untuk memperbaiki kekurangan tersebut penulis memberikan beberapa saran seperti pembuatan Laporan Penjualan Harian dibuat berdasarkan maskapai penerbangan, hendaknya ada tanda terima yang dihasilkan dari sistem sebagai bukti bahwa kasir telah menginput jumlah pembayaran dari pelanggan serta beberapa saran lain yang diharapkan dapat mendukung terlaksananya sistem penjualan tiket dan penerimaan kas yang efisien dan efektif dalam pengendalian intern perusahaan. Dan juga diharapkan perusahaan dapat terus bertahan dan berkembang di tengah situasi perekonomian yang tidak kondusif dewasa ini. |