Kepuasan konsumen merupakan hal yang penting dalam bisnis dewasa ini. Perusahaan yang dapat memuaskan konsumennya akan memenangkan persaingan usaha. Dengan puasnya konsumen, diharapkan konsumen yang bersangkutan akan menjadi pelanggan yang setia dan akan melakukan pembelian ulang sehingga perusahaan mendapatkan untung. Sehubungan dengan persaingan yang relatif ketat di antara tokotoko buku yang ada, kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama bagi setiap toko buku yang ingin mengungguli saingannya. Toko buku Gramedia selaku pemain besar tidak boleh lengah dalam persaingan memuaskan pelanggan. Untuk mengetahui pandangan konsumen terhadap kinerja perusahaan (apakah kinerja yang dilakukan telah sesuai dengan tingkat kepentingan pelanggan), metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif-kuantitatif. Dalam menganalisis data-data yang diperoleh digunakan perangkat Statistik Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja/Kepuasan Pelanggan. Kuesioner dibagikan kepada 100 orang responden. Adapun faktor-faktor atau atribut yang dianalisis adalah: 1. Kelengkapan produk 2. Pengelompokan produk yang jelas dan teratur 3. Mutu produk yang berkualitas tinggi 4. Harga yang kompetitif 5. Kesediaan sampel buku untuk dibaca 6. Penggantian produk cacat. 7. Tersedianya katalog atau daftar buku 8. Lokasi yang strategis 9. Tata letak yang nyaman: rapi, bersih, enak dilihat. 10.Pelayanan yang ramah 11.Karyawan yang responsif 12.Pelayanan kasir yang cepat dan akurat 13.Tingkat pengetahuan petugas toko Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa secara umum penilaian responden terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Toko Buku Gramedia Mal Gading adalah responden merasa puas. Terdapat faktor-faktor yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki, yaitu ketersediaan sampel buku untuk dibaca, karyawan yang responsif, dan tingkat pengetahuan petugas toko. Faktor-faktor yang harus dipertahankan, yaitu kelengkapan produk, pengelompokan produk yang jelas dan teratur, mutu produk yang berkualitas tinggi dan pelayanan yang ramah. |