Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dalam belajar dengan prestasi belajar bidang studi Tata Busana pada siswa SLTPLB-SMLB Tunarungu Pangudi Luhur Jakarta. Penelitian dilaksanakan di SLB (Sekolah Luar Biasa) bagian B, yaitu lembaga pendidikan khusus untuk mendidik siswa Tunarungu. Subjek penelitian sebanyak 33 siswa tingkat SLTPLB-SMLB, pengambilan data dengan tehnik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode non-ekperimental, bersifat korelatif. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu variabel motivasi berprestasi dalam belajar dan prestasi belajar bidang tata busana. Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui validitas pernyataan menggunakan korelasi Product Moment dengan Program SPSS versi 10. Perhitungan reliabilitas tes menggunakan rumus Alpha, dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,89. Analisis data penelitian ini menggunakan koefisien korelasi Product Moment dan diperoleh harga r hitung sebesar 0,069 sedangkan r tabel dengan N = 33 sebesar 0,34. Dari perhitungan ini berarti r hitung < r tabel (0,069 < 0,344), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dalam belajar dengan prestasi belajar bidang studi Tata busana pada siswa SLTPLB-SMLB Tunarungu Pangudi Luhur Jakarta Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh informasi bahwa yang menyebkan penelitan ini tidak ada hubungan yang signifikan karena motivasi berprestasi dalam belajar bukan merupakan faktor penentu yang dominan untuk meningkatkan prestasi belajar bidang tata busana. Motivasi berprestasi dalam belajar hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar bidang tata busana siswa SLTPLB-SMLB Tunarungu Pangudi Luhur. Beberapa hal yang diduga sebagai faktor penyebab penelitian ini tidak ada hubungan adalah faktor ketunarunguan, kondisi belajar, dan isi kisi-kisi instrumen yang tidak terfokus. |