Mengingat pentingnya memperhatikan kepuasan pelanggan, maka sudah sepatutnya kita mengukur seberapa besar kepuasan pelanggan. Maka untuk dapat mengukur kepuasan pelanggan kita harus mengetahui apakah kinerja perusahaan sudah sesuai dengan harapan konsumen. Dengan begitu kita dapat megetahui sejauh mana kesesuaian antara kinerja perusahaan dengan harapan konsumen. Karena besar kecilnya kesesuaian tersebut kita dapat mengukur besar kecilnya kepuasan pelanggan atau konsumen. Perusahaan yang diteliti adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. PT. Multi AnaGatra bergerak dalam bidang pengiriman paket maupun cargo yang mengkhususkan dirinya untuk pengiriman door to door Jakarta-Singapore. Pengiriman dapat dilakukan dengan beberapa jalur dengan jangka waktu serta biaya yang berbeda. Jalur yang ada, yaitu: Handcarry, Laut, Udara dan Darat (khusus domestik). Data yang dihasilkan yaitu harapan pelanggan PT. Multi Anagatra terhadap atribut-atribut yang dipilih dan dianggap penting serta data pendapat para pelanggan terhadap kinerja perusahaan. Atribut-atrbut yang dibahas adalah: 1) Pelayanan Karyawan, 2) Ketepatan Pengambilan Barang, 3) Ketepatan Pengiriman Barang, 4) Tanggapan Perusahaan dalam menghadapi Keluhan, 5) Keutuhan Barang Yang Dikirim, 6) Harga Yang Sesuai Dengan Kualitas. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: tingkat kesesuaian responden terhadap pelayanan karyawan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan saat ini adalah 54,12% berarti cukup baik. Tingkat kesesuaian responden terhadap Ketepatan waktu pengambilan barang saat ini adalah 108,97% yang berarti adanya pelayanan yang melebihi harapan konsumen dalam hal pengambilan barang yang akan dikirim. TIngkat kesesuaian pelanggan terhadap ketepatan pengiriman barang yaitu: 94,86% yang berarti sudah sangat baik. Tingkat kesesuaian responden terhadap keutuhan barang yang dikirim adalah: 42,29%, yang berarti masih kurang baik. Dan yang terakhir tingkat kesesuaian responden terhadap harga yang sesuai dengan kualitas adalah: 78,86%, yang berarti baik. Dari hasil keseluruhan nilai kesesuaian maka penulis menarik kesimpulan bahwa seluruh pelayanan yang diberikan sudah baik. Walaupun belum sepenuhnya sesuai dengan harapan konsumen, setidaktidaknya sudah mendekati. Ada pula saran untuk PT. Multi AnaGatra, agar memperhatikan dan memperbaiki keutuhan barang pelanggan yang dikirim sebagai prioritas utama. |