Pada saat ini, dimana kompetisi antara bisnis ritel semakin ketat, penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah expolanatory research, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara melkukan penyebaran kuesioner serta penelitian kepustakaan. Dari analisa yang dilakukan diperoleh hasil bahwa tingkat kepuasan pelanggan pasar swalayan Diamond mal Kelapa Gading sudah cukup baik, dikarenakan dari atribut yang ada, seperti kasir sangat cekatan dan teliti, Perusahaan harus berjuang keras untuk memperebutkan pelanggan. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat tersebut, maka pasar Swalayan Diamond mal Kelapa Gading memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kepuasan dan harapn bagi konsumennya. Kepuasan yang diberikan meliputi penataan ruangan, penyusunan barang sampai barang tersebut dibeli oleh konsumen, dan dengan berbagai kepuasan tersebut dapat terdorong terjadinya pembelian ulang. Metode pelayanan karyawan yang ramah dan selalu siap meolong, karyawan tersedia sewaktu banyak pilihan barang dan merek, karyawan cepat tanggap terhadap keluhan, pelayanan kepada semua konsumen tanpa memandang status sosial, kebersihan dan kerapian ruangan, kemampuan karyawan memberikan penjelasan dengan baik, komunikasi yang efektif, dan tanggung jawab keamanan dan kenyamanan konsumen dapat terlaksanaan dengan baik. Untuk dapat lebih mempertinggi perilaku konsumen terhadap pasar swalayan Diamond mal Kelapa Gading, maka harus dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan. |