PT SMART Indonesia adalah salah satu produsen minyak gorenga serta cukup terkenal di Indonesia dengan produk Filma. Namun untuk bertahan dalam tingkat persaingan yang kompleks ini maka tak terkecuali PT SMART juga harus menganalisa kinerja produk mereka. Berdasarkan hal ini, maka penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana persepsi konsumen terhadap minyak goreng Filma, apa faktor-faktor yang mempengaruhinya serta masalah-masalah apa yang dihadapi PT SMART sehubungan dengan persepsi tersebut. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan penulis telah menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang dipilih secara acak. Setelah data dikumpulkan dan dianalisa dengan metode rata-rata terhadap tingkat kepentingan/Harapan dengan tingkat kepuasan/kinerja, maka diperoleh adanya empat faktor yang mepengaruhi persepsi konsumen yaitu masalah harga, customer service, kualitas produk dan daya pakai produk yang lebih hemat. Dan dihasilkan beberapa saran yang dapat berguna bagi perusahaan seperti mempertahankan kuailitas produk, mengkalkulasi ulang harga, meningkatkan promosi dan melakukan sedikit modifikasi pada bentuk kemasan. |