Di manapun suatu organisasi berada dan apapun bentuk suatu organisasi pasti memiliki struktur yang menggambarkan jalur wewenang dan kekuasaan. Struktur suatu organisasi seringkali dituding sebagai penyebab lambatnya perubahan dalam suatu organisasi ataupun seringkali dituding sebagai sumber timbulnya sikap birokratis. Di beberapa organisasi, terutama organisasi pemerintahan yang terdiri dari para birokrat, sangat sering terjadi kelambanan pelayanan dikarenakan mereka sangat ketat menjalankan tugas berdasarkan struktur kekuasaan di organisasinya Hal ini mengakibatkan organisasi pemerintah yang notabene adalah tempat layanan publik menjadi tidak berfungsi sebagai pihak yang melayani. Pihak yang melayani seharusnya selalu sigap dan dapat mengambil tindakan dengan segera. Hal ini tidak terjadi di sebagian besar organisasi pemerintah di Indonesia, karena pelayanan menjadi tidak dapat dijalankan dengan baik bila seorang karyawan harus melalui beberapa jenjang dalam struktur untuk mendapat persetujuan atau petunjuk sebelum dia mampu mengambil tindakan. Pada tulisan ini, penulis hendak menyajikan garnbaran mengenai perbedaan struktur dan disain organisasi, bagian dasar dari organisasi dalam kaitannya dengan penyusunan struktur, hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan struktur agar struktur dapat menjadi alat untuk memperlancar tugas dan bukannya penghambat serta permasalahan umum yang timbul dalam penyusunan struktur. |