Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:36 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Bagaimana Posisi "Paper One" Dilihat Dari Sudut Pandang Konsumen (Paperone Positioning In The Perspective Of Its Users)
Bibliografi
Author:
Salib, Saroyini Wuryan Rahayu
(Advisor);
Febriyanti, Deby
Topik:
Pemasaran
;
Positiong
;
Merek
;
Paper One
;
Pwerilaku Konsumen
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2003
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Deby Febriyanti's Undergraduated Theses.pdf
(955.0KB;
10 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEM-4408
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
P.T. Riau Andalan Kertas merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan pemasaran pulp dan kertas bermutu. Sampai saat ini perusahaan berhasil menyaingi kompetisi yang cukup ketat terhadap perusahaan sejenis. Penelitian ini menganalisa posisi kertas PaperOne dari sudut pandang konsumennya. Konsumen yang diteliti adalah seluruh populasi pelanggan P.T. Riau Andalan Kertas yaitu 28 perusahaan di Jakarta. Sedangkan kertas yang diteliti khusus PaperOne dengan ukuran A4 dan berat 80 gram. Menurut Philip Kotler, positioning adalah cara merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati tempat khusus dan dihargai dalam benak pelanggan. Positioning berhubungan dengan atribut produk sehingga atribut dipilih harus yang unik dan mempunyai arti penting. Konsumen pada umumnya menggabungkan atribut yaitu karakteristik yang ada pada suatu produk yang dengan karakteristik ini membangkitkan utility. Atribut-atribut inilah yang ditonjolkan dalam positioning. Analisa statistik yang digunakan adalah analisa rata-rata dan ANOVA dua arah dengan interaksi. Metode rata-rata yaitu nilai yang mewakili sehimpunan atau sekelompok data. Tujuan dari Analisa ANOVA dua arah dengan interaksi ialah untuk menguji hipotesa bahwa ada atau tidak ada perbedaan rata-rata (perbedaan pengaruh) dari faktor-faktor (sering disebut treatment) yang sedang diselidiki. Hasil dari analisa statistik yaitu kertas PaperOne unggul dengan rata-rata 5 pada atribut formasi serat yang mempunyai daya serap tinta yang merata. Dari 12 atribut yang dianalisa hanya satu atribut PaperOne berada di bawah kertas Bola Dunia yaitu pada atribut warna terang kertas dimana rata-rata untuk Bola Dunia 4.83 sedangkan PaperOne 4.82. Pada analisa ANOVA antara persepsi terhadap PaperOne dengan jumlah penggunaan PaperOne dan pemakaian PaperOne pada kegiatan di perusahaan adalah 0.090. Kesimpulannya adalah bahwa kertas PaperOne mempunyai nilai rata-rata tertinggi yaitu 5 pada persepsi formasi serat yang mempunyai daya serap tinta yang merata. Sedangkan kesimpulan hasil analisa ANOVA adalah terdapatnya interaksi antara persepsi terhadap PaperOne dengan jumlah penggunaan PaperOne dan pemakaian PaperOne pada kegiatan di perusahaan. Kesimpulan itu diambil dari nilai Ftabel > Fhitung yaitu 0.090 > 0.0426. Saran untuk P.T. Riau Andalan Kertas agar tetap mempertahankan posisi PaperOne terutama pada formasi serat yang mempunyai daya serap tinta yang merata dan tetap mempertahankan harga karena dibandingkan dengan Bola Dunia, Sinar Dunia dan Dunia Mas, harga kertas PaperOne paling murah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)