Ringkasan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dijalankan oleh PT. BMG INDONESIA sebagai salah satu label perusahaan rekaman internasional dalam memasarkan produk kaset dan CD, serta untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan dalam strategi promosinya. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. BMG INDONESIA. Setelah mengetahui mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan, lalu penulis melakukan evaluasi terhadap strategi promosi tersebut dengan alat analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis yang berpengaruh terhadap perusahaan secara internal dan eksternal. Hasil dari penelitian ini adalah ahwa perusahaan menggunakan bauran promosi : periklanan, promosi penjualan, dan publisitas ; selain itu dari analisis SWOT terhadap strategi promosi didapatkan hasil bahwa yang menjadi kekuatan perusahaan adalah sponsorship dalam kegiatan promosi, memiliki Sales Administration Management Information System, dab memiliki tim kerja promosi yang fokus. Kelemahan perusahaan adalah kurangnya support BMG INTERNATIONAL terhadap konser dan promo tour artis internasional BMG di Indonesia. Peluang yang dimiliki perusahaan adalah adanya dinamika trend di kalangan kaum muda, Umbrella deal dengan pihak media massa, dan kehadiran stasiun TV baru. Ancaman yang dihadapi perusahaan adalah pembajakan, penurunan daya beli masyarakat dan kegiatan promosi pesaing. Saran bagi perusahaan adalah agar perusahaan mau melakukan pendekatan dengan BMG INTERNATIONL agar mau mencabut larangan konser artis internasional di Indonesia, menambah kiat promosi konsumen, dan agar artis juga melakukan promo album dengan mengisi acara yang diadakan di sekolah-sekolah dan universitas |