Penjualan secara kredit merupakan salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan dan pada akhirnya diharapkan juga akan meningkatkan laba peusahaan. Penjualan kredit tidak menutup kemungkinan adanya masalah yang berkaitan dengan resiko macetnya pembayaran kredit oleh pelanggan atau tidak tertagihnya piutang tersebut. Oleh karena itu penulis memilih topik mengenai evaluasi pengendalian intern pada suatu perusahaan khususnya pengendalian intern atas sistem penjualan kredit. Dalam rangka penulisan skripsi ini, penulis mengadakan penelitian pada PT. Rodamas Makmur Motor, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan otomotif. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dimana penulis mengumpulkan data dan informasi dari wawancara dengan pihak-pihak yang terkait, serta mengadakan pengamatan secara langsung diperusahaan, disamping penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan studi kepustakaan atas buku-buku dan literatur yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Dari analisa yang dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa secara keseluruhan sistem dan prosedur penjualan kredit dan penerimaan kas yang dijalankan PT. Rodamas Makmur Motor sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari: telah ada pemisahan tugas yang cukup jelas antara bagian penjualan, bagian persetujuan kredit, bagian gudang, dan bagian akuntansi. Telah terjadi pembagian wewenang yang jelas dan terlihat pada sistem otorisasi yang dilakukan dalam proses penjualan kredit. Selain itu formulir yang digunakan telah memenuhi syarat pengendalian intern yang baik. Namun masih ada beberapa kelemahan yang pelu menjadi perhatian pihak manajemen. Dan dalam hal ini penulis telah memberikan beberapa saran perbaikan, dan semoga saran-saran terebut bermanfaat bagi perusahaan. |