Dalam skripsi ini penulis mencoba membahas suatu penerapan strategi pemasaran pada PT Astra Internasional HSO. Akibat dari krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan tahun 1997 yang menyebabkan turunnya nilai rupiah terhadap dolar masih dirasakan hingga kini. Hal ini membuat dunia usaha yang menggunakan komponen impor dalam produksinya mengalami kesulitan dalam menjual produknya karena harga komponen menjadi sangat mahal. Dalam kaitannya dengan masalah di atas, PT Astra Internasional HSO mencoba menerapkan suatu strategi pemasaran agar produknya tetap dapat dijual ditengah persaingan yang semakin ketat dan daya beli masyarakat yang semakin lemah. Perusahaan ini berhasil dan dapat bertahan dalam menghadapi situasi ekonomi yang sulit tersebut. Bahkan PT Astra Internasional HSO berhasil memproduksi sepeda motor jenis cub atau bebek dengan teknologi baru yang biaya produksinya rendah sehingga harga jualnya pun lebih murah. Permintaan konsumen pun meningkat. Untuk mengetahu i apakah strategi pemasaran yang diterapkan sudah optimal atau belum, dilakukan suatu analisis dengan menggunakan analisis SWOT . Berdasarkan analisis SWOT diperoleh kesimpulan bahwa PT Astra Internasional HSO telah menerapkan suatu strategi pemasaran yang optimal dalam menghadapi dampak krisis ekonomi terhadap dunia usaha dewasa ini. |