Dalam pelaksanaan kegiatan penetapan harga jual perusahaan harus mampu menyusun serta merencanakan strategi penetapan harga jual yang baik agar penetapan harga jual yang dijalankan dapat berfungsi secara efektif serta dapat meningkatkan penjualan jangka panjang sehingga perusahaan dapat terus menjalankan aktivitasnya. PT Indomilk merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam memproduksi susu. Dalam menetapkan harga jualnya PT Indomilk menggunakan metode penetapan harga mark up pricing dan going rate pricing. Untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan penetapan harga jual yang dijalankan PT. Indomilk dalam meningkatkan penjualan maka digunakan Analisis Korelasi, yaitu perhitungan statistik untuk menyatakan hubungan linear antara dua variabel yakni variabel harga dan variabel penjualan. Untuk melihat apakah penetapan harga yang dilakukan oleh PT. Indomilk sudah tepat atau belum, penulis juga melakukan perhitungan elastisitas permintaan yang tujuannya adalah untuk menguj i apakah dalam menetapkan harga, PT Indomilk sangat tergantung pada tingkat permintaan akan produk atau tidak. Berdasarkan uraian pada bab-bab yang ada pada skripsi ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa: 1. Hubungan antara harga jual setiap produk dengan volume penjualannya adalah kuat negatif, dimana kenaikan harga jual suatu produk akan menyebabkan penurunan volume penjualan pada produk yang sama. 2. Produk susu bubuk PT. Indomilk bersifat elastis. Artinya apabila harga berubah maka permintaan akan mengalami perubahan dengan persentase yang lebih besar dari persentase perubahan harga. |