Ditengah situasi persaingan yang ada dewasa ini, kepuasan konsumen menjadi tujuan utama bagi setiap restauran untuk dapat bertahan didalam pasar. Kepuasan konsumen tersebut dapat dicapai antara lain apabila perusahaan dapat memberikan produk yang berkualitas, pelayanan yang memuaskan, dan kebersihan yang terjaga kepada para konsumennya. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan melakukan riset lapangan sehingga dapat diketahui persepsi konsumen terhadap kepuasan/kinerja McDonald¿s. Disamping itu penulis juga melakukan riset kepustakaan dengan membaca buku-buku teks dan sumber-sumber lainnya. Sebagai sumber utama penulisan ini adalah data kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden yang menjadi konsumen di McDonald¿s Plaza Sentral. Kuesioner tersebut berisikan data karakteristik konsumen dan 6 atribut untuk mengukur persepsi konsumen produk McDonald¿s. Metode analisa data yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dan untuk menjawab masalah sejau h mana tingkat kepuasan konsumen maka digunakan Importance-Performance Analysis atau Analisis kepentingan dan kepuasan konsumen. Sebagai kesimpulan, dapat diketahui bahwa wadah penyajian merupakan prioritas utama bagi McDonald¿s Indonesia dalam memenuhi harapan pelanggan. Kemudian faktor mutu makanan, variasi menu, dan citarasa makanan merupakan prioritas berikutnya yang harus dilaksanakan dan merupakan faktor-faktor yang harus dipertahankan. Sedangkan faktor kelengkapan minuman hendaknya lebih ditingkatkan untuk tetap mempertahankan kinerja perusahaan yang lebih baik |