PT Gaya Favorite Press merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri media cetak yang memproduksi beberapa majalah khusus bagi wanita, salah satunya adlah majalah Femina yang telah dikenal sejak tahun 1970-an. Seiring dengan perkembangan jaman yang ditandai oleh adanya persaingan ketat diantara majalah khushs wanita lainnya, maka majalah Femina dituntut untuk terus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin kompleks guna mempertahankan pangsa pasarnya atau bahkan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Oleh karenanya, untuk mengetahui bagaimana persepsi dan harapan konsumen terhadap atribut-atribut yang menjadi faktor pertimbangan bagi kepuasan konsumen, maka penulis melakukan suatu penelitian guna mendapatkan data yang diperlukan dalam analisa. Dalam rangka meperoleh data yang diperlukan, penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden wanita yang terpilih dan paling mudah ditemui di wilayah Jatinegara, jakarta Timur. Jenis pertanyaan yang diaj ukan dalam kuesioner tersebut merupakan jenis pertanyaan tertutup dan menggunakan teknik analisa data skala likert kemudian disajikan secara kuantitatif dalam diagram kartesius. Setelah data yang diperoleh dianalisa maka didapatkan bahwa atribut kulaitas isi rubrik, iklan di media massa, dan harga eceran Femina dianggap sebagai atribut-atribut yang penting dalam penentuan kepuasan konsumen, namun ternyata perusahaan belum melaksanakannya sesuai dengan keinginan konsumen sehingga mengecewakan / tidak memuaskan. Sedangkan untuk atribut kualitas kertas, desain sampul, dan tempat distribusi / penjualan Femina telah sesuai dengan kepentingan dan harapan konsumen sehingga memuaskan. Atribut publisitas dan promosi penjualan dianggap kurang penting oleh konsumen, pelaksanaan oleh perusahaan biasa saja. Disamping itu, tidak satupun atribut yang dianggap tidak terlalu penting keberadaanya dan dinlai berlebihan dalam pelaksaannya. Jadi, perusahaan harus memprioritaskan atribut kualitas isi rubrik, iklan di media massa , dan harga eceran sesuai dengan harapan konsumen melalui usaha peningkatan kualitas isi rubri, penyesuaian harga eceran, dan pengencaran iklan terutama di media massa seperti TV, surat kabar, serta radio. Selain itu, perusahaan hendaknya terus mempertahankan atribut-atribut yang dinilai penting dan dilaksanakan dengan baik oleh perusahaan. |