Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan telepon genggam yang menawarkan produknya ke pasar, sehingga menimbulkan tingkat persaingan yang ketat di antara perusahaan-perusahaan tersebut. Salah satu perusahaan yang gencar melakukan pembaharuan untuk menarik perhatian konsumen adalah NOKIA. Penting bagi NOKIA untuk mengetahui pandangan konsumen di Indonesia, khususnya di Jakarta, sehingga perusahaan dapat melihat apa yang sebenarnya diharapkan dan diinginkan terhadap produk telepon genggam NOKIA dan bagaimana posisinya dalam benak konsumen. Dengan demikian perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memasarkan produknya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan pengambilan sample secara random di Universitas Atmajaya Jakarta dan perkantoran Anggana Danamon Jakarta. Karena keterbatasan waktu, responden yang diteliti hanya 100 responden. Untuk menjawab rumusan masalah yaitu sejauh mana persepsi konsumen terhadap telepon genggam NOKIA ditinjau dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan, penulis menggunakan analisa uji statistik Chi Square Goodness of Fit Test. Adapun faktor- faktor atau atribut-atribut yang dianalisis adalah : 1. Jenis kelamin 2. Usia 3. Tingkat pendidikan 4. Pekerjaan 5. Pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Adanya ketergantungan antara persepsi konsumen terhadap model produk dengan usianya. 2. Adanya ketergantungan antara persepsi konsumen terhadap kualitas produk dengan kualitasnya. 3. Adanya ketergantungan antara persepsi konsumen terhadap features produk dengan pendapatannya. 4. Persepsi konsumen terhadap telepon genggam NOKIA adalah positif. |