PT MediaBintang Indonesia merupakan industri informasi yang saat sekarang ini berkembang cukup pesat, dengan produknya yaitu Tabloid Bintang Indonesia yang diluncurkan pada Tanggal 5 Maret 1991, yang mengkhususkan dirinya mengupas habis perkembangan dunia Hiburan, Selebriti, Musik, Film dan TV. Setelah melihat hal tersebut penulis sangat tertarik untuk meneliti Persepsi Konsumen Terhadap Penampilan Tabloid Bintang Indonesia, Adapun variabel penampilan yang akan diteliti antara lain mencakup Mutu tabloid, Kebenaran informasi dan peristiwa, kesesuaian harga dengan mutu, IIlustrasi pada sampul/cover tabloid, Kemudahan memperoleh produk, Ketepatan waktu terbit, Frekuensi pengiklanan. Faktor-faktor tersebut dengan menggunakan questionnaire dan memakai skala Linkert dalam pengukuran skala sikap respondennya. Dalam pengolahan data kuantitatif ini, penulis menggunakan metode analisa statistik, yaitu : Anilasa Tingkat Kepentingan-Kinerja ( Importance-Performance Analysis ).Penarikan sampel mencakup wilayah DKI Jakarta yang hasil keseluruhannya terdapat dalam Diagram Kartesius. Adapun hasilnya adalah sebagian besar konsumen beranggapan bahwa Kebenaran informasi dan peristiwa, IIlustrasi pada sampul/cover tabloid dianggap paling penting. Mutu tabloid adalah faktor yang harus dipertahankan. Sedangkan Kesesuaian mutu dengan harga tabloid dan frekuensi pengiklanan dianggap tidak terlalu penting. Dan yang terakhir Kemudahan memperoleh produk, Ketepatan waktu terbit faktor yang kurang dianggap penting namun perusahaan dalam pelaksanaannya terlalu berlebihan. |