Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:54 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Interaksi Guru Dan Siswa Dengan Prestasi Belajar Dalam Bidang Studi Matematika Siswa SLTP RICCI I
Bibliografi
Author: Simamora, Nurlinda Lima ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2002    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Nurlinda Simamora's Undergraduated theses.pdf (674.0KB; 38 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-198
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam proses belajar mengajar hubungan yang harmonis antara guru dan siswa sangat diperlukan. Keberhasilan pembelajaran tergantung pada kedua belah pihak yaitu guru sebagai pendidik dan siswa sebagai anak didik. Interaksi yang efektif antara guru dan siswa akan mempermudah siswa menerima dan mempelajari pelajaran tersebut. Bagaimanapun sulitnya materi pelajaran, siswa akan mempelajarinya dengan baik. Siswa akan merasa bahwa belajar bukanlah suatu beban, apabila hubungan dengan guru berlangsung dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran hubungan antara interaksi guru dan siswa dengan prestasi belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa-siswi SLTP RICCI I kelas 2. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 orang. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan skala penilaian pada variabel bebas (interaksi guru dan siswa). Nilai rapor cawu II tahun ajaran 2001-2002 untuk memperoleh data variabel terikat (prestasi belajar siswa). Sebelum pengambilan data terlebih dahulu dilakukan ujicoba. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara interaksi guru dan siswa dengan prestasi belajar siswa (analisis data dihitung dengan rumus korelasi Product Moment). Dalam penelitian ini, penulis tidak mengontrol inteligensi dan bantuan belajar yang diperoleh siswa di luar jam pelajaran sekolah. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang prestasi belajar, penulis menyarankan kedua faktor tersebut diperhatikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)