PT KAO Indonesia adalah salah satu produsen deterjen dan telah bergerak di bidang alat rumah tangga serta cukup terkenal di Indonesia dengan produk Biore, Attack. Namun untuk bertahan dalam tingkat persaingan yang kompleks ini maka tak terkecuali PT KAO juga harus menganalisa kinerja produk mereka. Berdasarkan hal ini, maka penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana persepsi konsumen terhadap deterjen Attack, apa faktor-faktor yang mempengaruhinya serta masalah-masalah apa yang dihadapi PT KAO sehubungan dengan persepsi tersebut. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan penulis telah menyebarkan kuesioner kepada 50 orang responden yang dipilih secara acak. Setelah data dikumpulkan dan dianalisa dengan metode rata-rata dan analisa Likert terhadap tingkat kepentingan/Harapan dengan tingkat kepuasan/kinerja, maka diperoleh adanya empat faktor yang mepengaruhi persepsi konsumen yaitu masalah harga, customer service, kualitas produk dan daya pakai produk yang lebih hemat. Dan dihasilkan beberapa saran yang dapat berguna bagi perusahaan seperti mempertahankan kuailitas produk, mengkalkulasi ulang harga, meningkatkan promosi dan melakukan sedikit modifikasi pada bentuk/warna kemasan. |