Periklanan merupakan salah satu bagian kegiatan dari promosi, yang mengkomunikasikan produk yang dihasilkan, yaitu mengenai mutu dan manfaat produk kepada masyarakat. Perusahaan dituntut untuk terus menggunakan iklan produk-produk yang inovatif dan bermutu. Sehubungan dengan hal tersebut maka penulisan skripsi ini mengambil topik tentang strategi periklanan, dan tujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi perusahaan dalam mengiklankan produk serta alternative pemecahannya, dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi periklanan terhadap perubahan tingkat penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan riset lapangan yaitu dengan mengadakan kunjungan langsung ke perusahaan untuk memperoleh data yang akurat, serta dengan melakukan riset kepustakaan untuk mendukung penelitian dengan teori yang ada. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan cara coding, editing, dan tabulating. Juga dilakukan analisis statistik dengan menggunakan koefisien korelai dan analisa regresi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa antara biaya periklanan media elektronik dan hasil penjualan perusahaan WINGS
mempunyai hubungan yang kuat dan positif, yaitu sebesar 96 % apabila faktor bauran pemasaran lainnya yaitu harga, keadaan pasar, dan saluran distribusi adalah konstan (ceteris paribus). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan periklanan produk yang dilakukan perusahaan, sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan. Saran yang diberikan adalah agar perusahaan WINGS terus melakukan riset pasar yang baik untuk dapat melakukan strategi periklanan akan produk yang optimal, dengan tujuan untuk selalu mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu berubah sampai ke daerah-daerah seluruh Indonesia. |