Produk merupakan salah satu elemen dari bauran pemasaran yang cukup penting. Agar produk yang dihasilkan suatu perusahaan dapat bersaing dengan produk lainnya, maka perusahaan perlu melakukan kegiatan pengembangan produk yaitu dengan merancang produknya sedemikian rupa agar dapat memenuhi keinginan pasar dan mencapai pasar yang diinginkan. Dalam melakukan kegiatan pengembangan produk sebaiknya perusahaan terlebih dahulu melakukan riset atau penelitian terhadap perubahan selera konsumen secara terus menerus. Kebutuhan konsumen yang berubah- ubah ini hanya dapat diimbangi dengan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Untuk itu perusahaan harus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produk sangat mempengaruhi usaha perusahaa terutama untuk meningkatkan penjualan, sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produksi yang bersaing, promosi yang gencar, dan sistem distribusi yang baik tanpa mengadakan pengembangan produk maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimum. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa pengembangan produk yang dilakukan oleh PT. Indofood Frito Lay sangat efektif dalam meningkatkan volume penjualan , dimana dari perhitungan koefisien korelasi antara biaya pengembangan terhadap hasil penjualan diperoleh angka o, 97 yang nenunjukkan hubungan positif dan sangat kuat. Melalui pembuktian ini semestinya PT. Indofood Frito lay menyadari betapa pentingnya melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan, serta diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi pengembangan produk dengan cermat dan tepat. |