Anda belum login :: 27 Nov 2024 13:10 WIB
Detail
ArtikelMengusung Pengantar Kajian Queer di dalam Ruang Kuliah  
Oleh: Wijaya, Hendri Yulius
Jenis: Article from Books
Dalam koleksi: Jurnal Perempuan Volume 21 No. 3 – Pedagogi Feminis, page 24-42.
Topik: NafsiahMboi; Jurnal Perempuan; queer; queer studies; pedagogi; pelatihan; partisipatif; reflektif
Fulltext: Wijaya (2016).pdf (9.73MB)
Isi artikelSebagai sebuah diskursus dan kajian yang relatif baru, kajian queer (queer studies) masih awam bagi kalangan akademik di Indonesia. Meskipun identitas gender dan seksualitas di luar heteroseksual sudah menjadi bagian dari polemik di berbagai ruang publik, diskusi masih terarah pada seputar normal atau abnormal, atau apakah perbedaan ketertarikan seksual merupakan bentukan alam (nature) atau sosial (culture). Dalam upaya memperkaya diskursus dalam ke dalam ruang kuliah dan percakapan sehari-hari melalui diskusi-diskusi di berbagai tempat. Kajian queer yang terbilang kompleks diupayakan agar mudah dicerna dan dipahami oleh orang awam sekalipun. Hal ini dilakukan melalui cara pedagogi partisipatif dan reflektif, di mana pengajar menjadi fasilitator yang membantu para partisipan untuk merefleksikan pengalamannya sendiri, serta memperlihatkan pada partisipan bahwa seksualitas manusia jauh lebih kompleks daripada sekadar perdebatan nature vs culture. Artikel ini adalah sebuah refleksi dari pengalaman penulis tentang bagaimana strategi pedagogi untuk memperkenalkan kompleksitas seksualitas manusia di dalam ruang kuliah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)