Anda belum login :: 23 Nov 2024 17:44 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi Pelaksanaan Strategi Distribusi Pupuk, Sebuah Analisa SWOT pada PT PUPUK SRIWIDJAJA
Bibliografi
Author:
Pratomo, Hangga
;
Kartikawangi, Dorien
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2002
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Hangga Pratomo's undergraduate these.pdf
(4.73MB;
47 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-973
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Perusahaan merupakan tempat dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang bertujuan untuk mencapai keuntungan organisasi yang maximum. Didalam mencapai tujuan yang diharapkan suatu perusahaan harus didukung oleh fungsi dan kegiatan operasi yang baik dari berbagai sumber daya yang ada di dalam perusahaan. Salah satu fungsi dari suatu perusahaan adalah pemasaran. Dalam melakukan fungsi dari kegiatan pemasaran, suatu perusahaan perlu menerapkan suatu strategi. Salah satu strategi pemasaran yang harus diterapkan oleh perusahaan adalah Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ), yang terdiri dari empat variabel, yaitu : Produk, Harga, Tempat dan Promosi. Dari keempat variabel tersebut maka di dalam penulisan ini penulis lebih menekankan pada variabel distribusi. Penerapan dari strategi tersebut tentunya tidak terlepas dari adanya dukungan baik dari dalam maupun dari luar perusahaan, dari dalam adalah peranan dari divisi pemasaran dan distribusi dari perusahaan tersebut, sedan
gkan dari luar adalah adalah faktor-faktor lingkungan mikro yang terdiri dari : Demografi, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Politik dan Hukum, dan Teknologi. Selain itu juga terdapat faktor-faktor yang berasal dari lingkungan makro seperti : Pemasok, Pelanggan, Perantara, Pesaing dan Masyarakat. PT Pupuk Sriwidjaja yang merupakan BUMN produsen pupuk urea dan ammoniak yang pertama di Indonesia, juga mengalami hal yang sama yaitu tidak memasarkan hasil produksinya secara langsung melainkan membutuhkan adanya lembaga ¿ lembaga seperti perantara dan pemasok. Pada Tahun 1997 Pemerintah membentuk holding BUMN produsen pupuk yang terdiri dari PT Pupuk Sriwidjaja, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Kujang, PT Petrokimia Gresik, dan PT Pupuk Kaltim Bontang, dan PT Pupuk Sriwidjaja ditunjuk sebagai induk dari holding BUMN produsen pupuk, hal ini betujuan untuk mencegah adanya kompetisi di dalam pemasaran dan pendistribusian pupuk antar podusen yang dapat merugikan para petani. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengac
u pada teori tentang pemasaran dari Philip Kotler dan teori tentang SWOT analysis dari Mc Carthy yang digunakan untuk mengevaluasi dari penerapan strategi distribusi yang digunakan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui dalam memasarkan pupuk, semua produsen pupuk yang tergabung di bawah holding BUMN produsen pupuk di dalam memasarkan dan mendistribusikan produknya harus melalui PT Pupuk Sriwidjaja sebagai induk dari holding produsen pupuk. Sehingga dalam hal ini terdapat kesan ¿Monopoli¿. Akan tetapi dengan ditunjuknnya PT Pupuk Sriwidjaja sebagai induk dari produsen pupuk dan penanggungjawab dalam pengadaan dan penyaluran pupuk, PT Pupuk Sriwidjaja tidak terlepas dari berbagai macam persoalan dan permasalahan dalam pengadaan dan penyaluran pupuk meskipun sarana dan prasaran pendistribusian yang dimiliki oleh PT Pupuk Sriwidjaja merupakan yang terlengkap di Indonesia. Agar proses pendistribusian yang dilakukan lebih efektif maka perlu adanya suatu koordinasi antara produ
sen dan para penyalur-penyalurnya terutama didalam pengawasan ( Monitoring ) dari proses distribusi yang dilakukan. Selain itu untuk lebih mendukung strategi Marketing Mix, PT Pupuk Sriwidjaja perlu menekankan pada kegiatan penyuluhan yang bersifat rutin kepada para petani baik melalui dengar pendapat atau melalui berbagai media seperti surat kabar daerah maupun media elektronik seperti RRI atau TVRI programa daerah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.28125 second(s)