Tujuan dan penulisan ini adalah untuk mengevaluasi Sistem dan Prosedur mengenai penjualan dan penerimaan kas dari usaha jasa hotel, guna membantu fungsi-fungsi yang terkait dalam meningkatkan kelancaran proses penjualannya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metakukan pengumpulan data yang bemubungan dengan sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dengan cara melakukan studi kepustakaan, wawancara maupun observasi lapangan. Data-data yang terkumpul kemudian dievaluasi guna menemukan kelebihan dan kelemahan dalam sistem tersebut dan memberikan rekomendasi perbaikan yang diperlukan. Sistem Informasi Akuntansi merupakan sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi. Siklus pengolahan data dengan komputer dapat dipisahkan menjadi masukan, pengolahan, dan keluaran. Proses dapat dilakukan dengan lebih cepat bita menggunakan komputer karena kemampuan komputer untuk mengolah data jauh melebihi kecepatan manusia. Tetapi di lain pihak, diperiukan teknik-teknik pengawasan yang berbeda dengan yang digunakan dalam cara manual untuk menjamin ketelitian dan keamanan dalam memproses data dan menjaga harta milik perusahaan. Prosedur penjualan kas dimulai dari datangnya reservasi dari calon tamu, kemudian tamu tiba dan bersepakat mengenai tipe kamar, harga, dan fasilitas yang dibutuhkannya sampai tamu mengisi dan menandatangani Registration Card yang kemudian dimasukkan oleh bagian Front Office yang bertugas ke dalam sistem komputer. Lalu setiap malam Night Auditor melakukan pengolahan data melalui Night Audit Process. Prosedur penerimaan kas diawali sejak tamu hendak meninggalkan hotel dan membayar. Cara pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara selain tunai yartu dengan cara menggunakan kartu kredit, voucher, dan juga surat jaminan dari perusahaannya.Evaluasi yang dilakukan mencakup pembahasan mengenai Sistem Informasi Akuntansi, evaluasi atas pengendalian intern hotel dan pengendalian intern terhadap prosedur penjualan dan penerimaan kas, serta evaluasi terhadap sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas. Dilihat secara garis besar, penerapan sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas pada Hotel X sudah cukup baik. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa kelemahan diantaranya dalam hal sistem dan prosedur penagihan transaksi non kas, komunikasi antar bagian, pengendatian untuk karyawan, serta pengendalian kondisi darurat. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasii penelitian adalah periunya beberapa perbaikan daiam hal-hal tersebut di atas guna lebih meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan pengendalian perusahaan. |