Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis tekstual teks biografi dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar teks naratif
Oleh:
Hamidi, Ahmad
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 16: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keenam Belas Tingkat Internasional
,
page 34-38.
Topik:
analisis tekstual
;
pembelajaran biografi
;
bahan ajar
Fulltext:
34-38 Ahmad Hamidi_Edited.pdf
(255.4KB)
Isi artikel
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan hasil analisis tekstual teks biografi yang ditulis oleh siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Bandung, (2) mendeskripsikan prototipe bahan ajar menulis teks naratif yang sesuai berdasarkan kebutuhan siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Bandung, dan (3) mendeskripsikan hasil penilaian prototipe bahan ajar menulis teks naratif yang sesuai berdasarkan kebutuhan siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Selain itu, pentingnya pengenalan, pengetahuan, pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip yang terkandung dalam teks biografi harus diberikan sejak dini kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersumber dari teks biografi yang ditulis oleh siswa SMK Negeri 1 Bandung kelas X AP-1 yang berjumlah sebanyak 34 orang. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes kemampuan menulis teks biografi. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa dalam menulis teks biografi berdasarkan tiga aspek (isi organisasi, dan penggunaan bahasa) masih tergolong rendah. Kedua, bahan ajar sebagai produk yang dikembangkan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi berjudul Mahir Menulis Teks Biografi. Bahan ajar tersebut dinilai kelayakannya oleh dosen ahli berdasarkan empat aspek, yaitu aspek kelayakan isi, bahasa dan keterbacaan, penyajian materi, dan gambar dan tampilan. Ketiga, bahan ajar pembelajaran menulis teks biografi pada aspek kelayakan isi memperoleh skor rata-rata sebesar 81,24 dengan kategori ‘sangat baik’, aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh skor rata-rata sebesar 86,66 dengan kategori ‘sangat baik’, aspek penyajian materi memperoleh skor rata-rata sebesar 83,97 dengan kategori ‘sangat baik’, dan aspek gambar dan tampilan memperoleh skor rata-rata sebesar 86,11 dengan kategori ‘sangat baik’. Apabila keempat skor tersebut diakumulasikan, maka menghasilkan skor rata-rata sebesar 84,49. Berdasarkan hasil tersebut, maka bahan ajar Mahir Menulis Teks Biografi ternilai layak digunakan dalam pembelajaran teks biografi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)