Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:21 WIB
Detail
ArtikelAnalisis naratif tulisan anak kelompok usia 12 tahun hasil menceritakan kembali sebuah narasi  
Oleh: Pungkysari, Rissa Yulia
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 17: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketujuh Belas Tingkat Internasional, page 407-412.
Topik: struktur naratif; tulisan; kemampuan kognitif; keterampilan menulis; sosiolinguistik
Fulltext: 407-412.Rissa Yulia Pungkysari.pdf (374.48KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 17
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini membahas struktur naratif tulisan anak kelompok usia 12 tahun yang berisi hasil menceritakan kembali sebuah narasi tayangan animasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks naratif hasil tulisan anak kelompok usia 12 tahun berdasarkan narasi dalam tayangan serial animasi anak Adit Sopo Jarwo episode “Kejutan Seru Bikin Haru” yang diunduh dari akun Zona Anak di situs YouTube dengan durasi tayangan 7:05 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur naratif yang dikaitkan dengan pemahaman dan kemampuan anak kelompok usia 12 tahun dalam menceritakan kembali narasi melalui media tulis. Terdapat tiga orang responden yang dilibatkan dalam penelitian ini, masing-masing berumur 12 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori sosiolinguistik berupa teori struktur naratif Labov yang dipadukan dengan teori perkembangan kognitif anak Piaget dan teori kemampuan menulis dari Abbas sebagai pijakan untuk menganalisis struktur naratif dan menjelaskan pemahaman serta kemampuan anak kelompok usia 12 tahun dalam menceritakan kembali sebuah narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan ketiga responden memenuhi elemen-elemen dalam struktur naratif Labov (2013), yaitu abstrak, orientasi, tindakan komplikasi, evaluasi, dan resolusi. Elemen struktur naratif Labov yang tidak ditemukan penulis dalam tulisan ketiga responden adalah koda. Elemen-elemen dalam struktur naratif Labov yang tercantum dalam teks naratif hasil tulisan responden menunjukkan bahwa kemampuan anak kelompok usia 12 tahun dalam menceritakan kembali suatu narasi cukup baik. Terkait dengan pemahaman anak kelompok usia 12 tahun terhadap naratif yang disampaikan melalui audio dan visual, pemahaman responden terhadap penokohan, latar, dan alur sudah cukup baik sesuai dengan kematangan kognitif anak pada tahap operasional formal. Hanya terdapat satu responden yang mengalami kekeliruan dalam memahami alur dan mendeskripsikan tokoh di awal naratif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)