Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:39 WIB
Detail
ArtikelMeningkatkan kemampuan menyusun penilaian pembelajaran melalui contextual instruction dan project based learning  
Oleh: Kulup, Luluk Isani ; Pujiastuti, Rahayu
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 17: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketujuh Belas Tingkat Internasional, page 291-296.
Topik: kemampuan; penilaian; contextual instruction; project based learning
Fulltext: 291-296.Luluk Isani Kulup dan Rahayu Pujiastuti.pdf (419.17KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 17
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesulitan yang dialami para mahasiswa untuk menyusun penilaian, (2) penerapan contextual instruction dan project based learning pada materi penilaian, (3) peningkatan hasil belajar mahasiswa pada materi penilaian setelah menerapkan contextual instruction dan project based learning, dan (4) respon mahasiswa setelah menggunakan contextual instruction dan project based learning. Subjek penelitian ini adalah dosen mata kuliah Perencanaan Pembelajaran dan 38 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, observasi, tes, dan nontes (produk kinerja). Data dianalisis dengan cara dipersentase kemudian dideskripsikan. Ada empat hasil penelitian, yaitu (1) para mahasiswa mengalami kesulitan untuk menyusun penilaian karena kurang mampu (a) menentukan teknik penilaian yang sesuai dengan indikator dari suatu kompetensi dasar; (b) menentukan bentuk instrumen yang cocok untuk suatu teknik penilaian; (c) membuat rubrik penilaian berdasarkan bentuk instrumen penilaian; (2) penerapan contextual instruction dan project based learning dapat meningkatkan pembelajaran untuk menyusun penilaian terbukti dari aktivitas dosen dari kriteria ‘baik’ menjadi ‘sangat baik’dan aktivas mahasiswa dari kriteria ‘cukup’ menjadi ‘baik’; (3) hasil belajar mahasiswa untuk menyusun penilaian meningkat setelah menerapkan contextual instruction dan project based learning dari kriteria ‘cukup’ menjadi ‘baik’; (4) respon mahasiswa dalam pembelajaran bermateri menyusun penilaian meningkat setelah menerapkan contextual instruction dan project based learning dari kriteria ‘cukup’ menjadi ‘baik’.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)