Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:07 WIB
Detail
ArtikelInovasi pengukuran hasil belajar pemahaman bacaan Bahasa Inggris  
Oleh: Hananto
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 17: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketujuh Belas Tingkat Internasional, page 175-179.
Topik: tes pemahaman bacaan; bahasa Inggris; Google Form
Fulltext: 175-179.Hananto.pdf (418.64KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 17
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mengukur kemampuan pemahaman bacaan bahasa Inggris mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci Tangerang pada awal semester ganjil (Agustus-Desember 2018) dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa Google Form sebagai lebar jawaban elektronik dan Google Sheet untuk mengolah datanya. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan memberikan tes di awal semester (minggu kedua perkuliahan) dan di akhir semester (minggu ke 15) yang melibatkan 13 kelas mata kuliah bahasa Inggris dari berbagai program studi di UPH. Tes awal diikuti oleh 671 mahasiswa sedangkan tes akhir hanya diikuti oleh 567 mahasiswa. Test pemahaman bacaan diambil dari buku TOEFL (Test of English as a Foreign Language) Paper-Based Test yang terdiri dari lima bacaan dan 50 pertanyaan pilihan-ganda. Jawaban di kertas kemudian dipindahkan dengan menggunakan gawai mereka masing-masing di Google Form di mana hasilnya dapat segera dapat dilihat di Google Sheet setelah form tersebut dikirim. Jumlah jawaban benar dari setiap mahasiswa dan statistik deskriptif dari kelasnya dihitung secara otomatis oleh Google Sheet. Reliabilitas pengukuran dihitung menggunakan konsistensi internal (Cronbach’s Alpha) dan koefisien yang diperoleh di setiap kelas bervariasi antara .64 sampai .87 di tes awal dan .68 sampai .90 di tes akhir. Hasil rata-rata jumlah jawaban benar secara keseluruhan dari 13 kelas adalah 62% di tes awal dan 71% di tes akhir atau ada peningkatan sebesar 9 % atau N-Gain sebesar .31. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Google Form sebagai lembar jawaban elektronik yang mungkin dapat mempengaruhi hasil tes tersebut. Pelaksanaan tes dijaga oleh masing-masing dosen pengampu yang mungkin ada perbedaan pelaksanaannya, misalnya kapan gawai boleh mulai digunakan. Makalah ini juga membahas rencana pengembangan/perbaikan dari lembar jawaban dengan Google Form agar lengkap perhitungan statistiknya (misalnya analisa butir) dan dapat dengan mudah dipakai oleh guru lainnya agar tidak perlu lagi meluangkan banyak waktu untuk mengoreksi/menilai lembar jawaban pilihan ganda dan menganalisis hasilnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)