Bagi mahasiswa yang sedang menyusun skipsi, hambatan dalam kemajuan penulisan skripsi itu merupakan suatu masalah karena dapat menyebabkan kellusannyamenjadi tertunda. Kemajuan penulisan skripsi ini sering dikaitkan mahasiswa dengan masalah hubungannya dengan dosen pembimbing. Bergerak dan fenomena mi, peneliti tertanik untuk mengkaji hubungan antara sikap mahasiswa terhadap doseri pembimbing dengan persepsinya terhadap kemajuan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana sikap terhadap dosen pembimbing diperoleh dan penilalan mahasiswa pada semua pernyataan mengenai evaluasi dosen pembimbing yang disusun berdasarkan pandangan Wittenberg, Henry, dan Osborne dengan menggunakan format skala Likert. Sedangkan persepsi terhadap kemajuan skripsi diperoleh dan penHaian mahasiswa terhadap kemajuan penulisan sknipsinya pada 11 alternatif nilai, mulai dan 0 sampai dengan 10. Dan hasH peñgolahan data terhadap 65 responden mahasiswa/i Fakultas Psikologi UAJ angkatan 1992 sampai 1997, diperoleh kesimpulan adanya korelasi positif yang signifikan antara sikap mahasiswa terhadap dosen pembimbing dengan persepsinya terhadap kemajuan sknipsi. |