Rumah Sakit dikenal sebagai penyelenggara jasa dalam bidang pelayanan kesehatan. Sebagai unit usaha, rumah sakit seperti semua perusahaan, akan dapat maju dengan pesat jika mereka dapat menciptakan kepuasan dan kesetiaan kliennya. Untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan meningkatkan daya saing dalam menghadapi era globalisasi di mana nantinya akan makin banyak rumah sakit yang dikelola oleh pihak asing, maka rumah sakit harus dikelola secara profesional, efektif dan efisien. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan dalam aspek keuangan dari PT Baligraha Medikatama sebagai pengelola Rumah Sakit Graha Medika yang dikenal sebagai salah satu rumah sakit swasta yang baik di Jakarta, dan bahkan di Indonesia. Adapun penilaian ini dilakukan dengan menggunakan analisa rasio keuangan yang berdasarkan Penilaian Tingkat Kesehatan Rumah Sakit dari Aspek Keuangan {Soejadi, 1998) yang bersumber pada Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 198/1998 tanggal 24 Maret 1998. Dari hasil perhitungan rasio dan skor tingkat kesehatan yang telah dilakukan, ternyata PT Baligraha Medikatama termasuk dalam golongan perusahaan yang "baik". Namun demikian dengan struktur permodalan yang demikian kuat, rasanya hasil yang dicapai masih belum optimal, dan dapat ditingkatkan lagi, terutama dalam aspek profitabilitasnya. |