Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data yang dapat mengungkapkan informasi tentang profil, persepsi, sikap dan preferensi kosumen produk mi instan nasional di saat krisis yang digunakan sebagai dasar untuk mengetahui gambaran perilaku belinya dan kemudian digunakan untuk merumuskan segmentasi pasarnya. Dari hasil analisis atas temuan-temuan tersebut dapat terungkapkan segmen-segmen pasar mi instan yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Melalui pendekatan kualitatif, fenomena-fenomena yang terjadi dalam lingkungan bisnis mi instan di saat krisis diamati dengan cermat sehingga dapat diungkan hal-hal yang melatarbelakanginya. Sedangkan melalui pendekatan kuantitatif, data-data mengenai beberapa variabel penelitian diperoleh melalui data sekunder hasil survei nasional yang dilakukan oleh konsultan penelitian pemasaran terbesar di Jakarta dengan sampel sebanyak 2500 responden di beberapa kota di seluruh Indonesia dan dianalisis secara obyektif dengan menggunakan teknik berupa statistik tabulasi. Dari hasil penelitian, teaingkap suatu informasi bahwa di dalam segmentasi pasar,., produk mi instan nasional ternyata terdapat suatu tingkat homogenitas tertentu dalam aspek demografi, psikografi dan perilakunya. Dalam hubungan itu, strategi segmentasi pasar produsen mi instan - menekankan pada aspek harga dan kualitasnya -kelihatannya banyak dipengaruhi oleh fenomena-fenomena yang terjadi di saat krisis ekonomi saat ini. |