Kesempatan untuk memasarkan merek sepeda motor baru di Indonesia terbuka sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan impor sepeda motor dalam keadaan utuh (completely built-up) serta terjadinya krisis ekonomi yang menyebabkan nilai tukar rupiah melemah sejak tahun 1997. Banyak importir baru ikut serta memasarkan merek-merek sepeda motor baru berharga murah dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta memperoleh keuntungan dalam bisnis tersebut. Strategi pemasaran bersaing disusun oleh para importir agar dapat meningkatkan penjualan sepeda motornya mengingat persaingan dalam industri ini sangat ketat. PT. Kymco lippo Motor Indonesia merupakan salah satu perusahaan gabungan yang tertarik untuk terjun dalam bisnis ini dengan memasarkan sepeda motor merek KYMCO yang berasal dan Taiwan. Strategi pemasaran bersaing telah mereka susun untuk dapat meningkatkan penjualan serta memperoleh bagian dalam industri sepeda motor di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh yang terjadi pada hasil penjualan sepeda motor KYMCO karena penerapan strategi pemasaran bersaing dari PT. Kymco Lippo Motor Indonesia. |