Dewasa ini kita ketahui, bahwa metode waralaba (franchise) telah memasuki dunia bisnis di Indonesia. Franchisor yang ada berasal dari pelbagai negara, antara lain: dari Amerika Serikat, Italia, Jerman, Jepang dan negara-negara lainnya, mulai melirik Indonesia yang sekarang ini memiliki penduduk lebih-kurang dua ratus juta jiwa, yang diharapkan dapat menjadi pasar yang potensial bagi usaha franchise. Nama McDonald's, Wendy's Burger, Pizza Hut, Kentucky Fried Chicken, A&W Root Beer, Coca Cola, Sizzler, Hoka Hoka Bento dan sederet nama lain yang kini tidak asing lagi bagi keluarga golongan menengah keatas di Indonesia. Jadi mau tidak mau franchise telah melekat dalam gaya hidup kita sehari-hari. Banyak orang sekarang Ini teriibat di dalam bisnis ini, kenyataan ini membuktikan bahwa kedudukan franchise menjadi penting dalam dunia bisnis di Indonesia dan akan makin berkembang di masa-masa yang akan datang. Banyak orang kini sedang menunggu kesempatan untuk menjadi pimpinan dalam usahanya. Tetapi dunia bisnis yang penuh persaingan yang didominasi oleh pengusaha bermodal kuat sehingga franchise yang memberi keleluasaan untuk memakai nama, logo maupun sistem operasi franchisor memungkinkan si kecil bersaing dengan pengusaha lain yang telah mapan. Jadi sistem franchise ini menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani kesenjangan dalam dunia usaha antara pengusaha bermodal besar dengan pengusaha bermodal kecil. Pada umumnya, peluang gagalnya franchise sangat kecil. Selain itu franchise sedang menjadi perhatian banyak pihak saat ini. Karena alasan-alasan tersebutlah maka penulis memilih topik franchise ini. |