Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:15 WIB
Detail
ArtikelEfektivitas Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD dengan Peningkatan Konsep Dini dan Metode Penguatan (Sebuah Action Research)  
Oleh: Susana, Tjipto ; Handayani, Christina Siwi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 15 no. 1 (Oct. 2004), page 13-30.
Topik: Prestasi belajar; Prestasi Belajar; Konsep Dini; Reinforcement; Token; Action Research
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.3
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelStudi ini menekankan pada upaya peningkatan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar dengan meningkatkan konsep diri siswa terhadap pelajaran matematika dan menerapkan metode penguatan dengan sistem token. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kemanpuan ajar kognitjf anak akan meningkat seiring dengan peningkatan konsep dirinya. Peningkatan konsep diri siswa dalam pelajaran matematika dan peningkatan prestasi belajar matematika akan semakin bertalian lama ketika diberi penguatan dengan sistem token. Sistem token adalah sistem penguasan dengan memberikan sesuatu pada anak yang bila ditukarkan dengan hadiah yang sesungguhnya jika siswa menunjukkan kemajuan perilaku. Penelitian dilakukan dengan metode action research (penelitian tindakan) sehingga melibatkan para guru matematika sebagai subjek penelitian dalam keseluruhan proses, dan identifikasi masalah sampai penentuan tindakan yang akan dilakukan dan evaluasi wuuk menentukan tindakan baru. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang cukup signifikan baik kondisi siswa maupun guru. Hasil pada siswa dapat dilihat dan prestasi belajar matematika meningkat seiring dengan peningkatan konsep diri siswa terhadap pelajaran matematika. Dan keseluruhan proses penelitian ini guru semakin menyadari bahwa penanaman disiplin dapat diupayakan dengan mudah ketika guru mampu mengintegrasikan antara ketegasan dan suasana yang penuh kegembiraanpada siswa; dan guru juga menemukan pentingnya pemberian penguatan pada peningkatan perilaku dan prestasi belajar secam tidak letup (berselang-seling, kadang diben kadang tidak).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)