Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:00 WIB
Detail
ArtikelAn Empirical Study on Reading-Writing Connection : Research Insights for the Classroom  
Oleh: Sugiharto, Setiono
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Linguistik Indonesia vol. 23 no. 1 (Feb. 2005), page 61-80.
Fulltext: 061- An Empirical study on reading-writing connection - Setiono Sugiharto.pdf (7.36MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 405/LIN/23
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSering dihipotesiskan bahwa cara yang efektif untuk mempercepat proses pemerolehan kemampuan menulis adalah dengan memajankan bahan bacaan bahasa sasaran (target language) kepada pemelajar. Keraguan yang muncul mengenai hipotesis ini ialah apakah kemampuan menulis benar-benar dapat ditingkatkan dengan melibatkan pemelajar pada pendekatan membaca-menulis secara'bersamaan. Meskipun pendekatan pengajaran menulis yang didasarkan pada bahan bacaan b"ahasa sasaran secara intuisi menguntungkan bagi pemerolehan kemampuan menulis, menggunakan pendekatan ini tanpa didukung oleh penelitian empiris sangatlah berisiko. Artikel ini melaporkan hasil penelitian mengenai pendekatan pengajaran menulis yang menggunakan metode membaca-menulis secara bersamaan. Dua kelompok pemelajar pada tingkat univeristas menjadi subjek penelitian ini. Dua kelompok ini dibagi menjadi kelompok control dan kelompok eksperimen dengan menggunakan instruksi pengajaran yang berbeda. Kelompok kontrol diberi instruksi dengan menggunakan pendekatan pengajaran menulis secara konvensional, dan kelompok eksperimen diberi instruksi dengan menggunakan pendekatan pengajaran menulis yang didasarkan pada bahan bacaan bahasa sasaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen unggul dalam kemampuan menulis secara keseluruhan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)