Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:40 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw  
Oleh: Saleh, Raja Jasal
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 21 no. 1 (Jul. 2017), page 80-98.
Topik: Kemampuan menulis; jigsaw; pembelajaran kooperatif
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Objek penelitian ini adalah mahasiswa UT Pekanbaru Semester VI Tahun Ajaran 2015.2 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data ini dilakukan teknik tes untuk memeroleh data kemampuan menulis mahasiswa, sedangkan teknik non-tes digunakan untuk memperoleh data observasi. Hasil observasi dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan setiap proses pembelajaran, baik aktivitas dosesn maupun aktivitas mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa UT Pekanbaru dilihat dari jumlah mahasiswa yang tuntas setiap siklus. Mahasiswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 5 orang dan pada siklus II sebanyak 21 orang. Dalam pemilihan tema/topik karangan rata-rata kelas adalah 67,64, isi atau kualitas karangan 67,50, penilaian EYD 68,68, dan sistematika penulisan 67,77. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai 67,82. Namun, pada siklus II terjadi peningkatan dalam pemilihan tema/topik karangan rata-rata kelas adalah 74,32, isi atau kualitas karangan 75,55, rata-rata skor EYD 75,79, dan sistematika penulisan 75,14. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai 75,23.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)