Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:28 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Spasial  
Oleh: Oktavianto, Dwi Angga ; Handoyo, Budi (Co-Author); Sumarmi (Co-Author)
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 21 no. 1 (Jul. 2017), page 59-69.
Topik: Pembelajaran Berbasis Proyek; Google Earth; Berpikir Spasial
Fulltext: Pengaruh_Project-Based_Learning_Berbantu.pdf (51.52KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPembelajaran geografi berguna untuk membekali siswa keterampilan berpikir spasial. Pembelajaran geografi harus diarahkan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik perlu memanfaatkan perkembangan teknologi terutama teknologi berbasis geospasial, salah satunya berupa Google earth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google earth terhadap keterampilan berpikir spasial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan desain quasi experimental berupa pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada Kelas X IPS SMA Negeri 1 Cawas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir spasial adalah modifikasi dari Spatial Thinking Ability Test. Analisis data melalui t test dengan menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google earth berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir spasial siswa. Di samping itu, juga ditemukan beberapa kelebihan dari pembelajaran berbasis proyek berbantu Google earth, antara lain: (1) mendorong siswa menjadi tertantang untuk menyelesaikan permasalahan nyata melalui kegiatan proyek, (2) siswa semakin aktif dalam pembelajaran, (3) kinerja siswa dalam menyelesaikan proyek lebih teratur, (4) siswa lebih memiliki keleluasaan untuk menyelesaikan proyek, (5) siswa termotivasi berkompetisi menghasilkan produk yang terbaik,dan (6) siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir spasial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)