Anda belum login :: 23 Nov 2024 18:02 WIB
Detail
BukuKorelasi Pendidikan dan Demokrasi: Perspektif Pregmatis Joh Dewey
Bibliografi
Author: Udjan, Andre Ata
Topik: EDUCATION; PHILOSOPHY; DEMOKRASI
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1997    
Jenis: Papers/Makalah
Fulltext: Korelasi Pendidikan dan Demokrasi.pdf (592.05KB; 9 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR-795
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Abstract
Ada relasi timbal balik yang saling menguntungkan antara demokrasi sebagai sistem sosial dengan pendidikan sebagai proses pembentukan manusia sebagai manusia. Demokrasi sebagai sistem sosial yang sangat menjunjung tinggi hak-hak semua orang, menurut Dewey, hanya akan bertahan apabila ia didukung oleh masyarakat terdidik. Itu berarti pendidikan harus menjadi piranti sosial yang menanamkan nilai-nilai demokrasi pada peserta belajarnya sendini mungkin. Akan tetapi bersama dengan itu, pendidikan yang berhasil menuntut adanya interaksi yang bebas dan terbuka di antara pendidik dan peserta-belajar. Tuntutan ini penting karena pendidikan pada dasarnya adalah proses pembentukan pengertian dan bukan pengalihan pengetahuan. Dalam bahasa Dewey, iklim demokratis adalah tuntutan fundamental karena tujuan pendidikan pertama-tama bukanlah penguasaan pengetahuan sebagai informasi, melainkan pembentukan sikap inteligen dalam diri peserta-belajar untuk menghadapi masa depannya secara independen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)