Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:50 WIB
Detail
ArtikelEvaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat  
Oleh: Muslihin
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 18 no. 1 (Apr. 2016), page 22-32.
Topik: Evaluasi program; model kirkpatrik; kepemimpinan; pendidikan dan pelatihan
Fulltext: 1145-_Ros.pdf (417.39KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kualitas dan efektivitas penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV pada Pemerintah Provinsi NTB. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model Kirkpatrick (reaction, learning, beaviour, result) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, studi dokumen, dan kuesioner. Analisis data mengunakan model Miles dan Huberman melalui peserta diklat terhadap pembelajaran oleh widyaiswara berada pada kategori memadai dengan skor 76,67 %, reaksi peserta diklat terhadap pembelajaran ceramah oleh narasumber berada pada kategori memadai dengan skor 75,17 %, kemampuan coach menurut peserta dengan skor 82,93 %, sistem pengelolaan baik dari segi administrasi dan operasional sebesar 70,62 %. Reaksi peserta terhadap aspek tenaga kediklatan yaitu sebesar 79,03%. Efektivitas program dari segi reaksi peserta adalah pada skor 65,52 atau pada kategori memadai dan hasil kuesioner 91,67% peserta menganggap pengetahuan yang diberikan selama diklat kurang bersifat praktis.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)